iftitah SMP SMK Galery Artikel

Sekapur Sirih


Assalamu'alaikum wr.wb.
Alhamdulillah, pembangunan spirit kepedulian terhadap pendidikan peradaban bangsa bisa tetap dirasakan sampai saat ini yaitu lima belas abad setelah nabi terakhir Muhammad menggelorakan pentingnya pembangunan manusia secara seutuhnya. hal ini terjadi atas perjuangan gigih para nabi sejak Adam. Dasar-dasar perencanaan pendidikan dapat kita peroleh dari siroh rasul Muhammad SAW. Beliau kita percaya sebagai seorang yang sangat jujur sehingga dijuluki al-amin serta mempunyai program-program yang terencana yang setiap langkah dilaluinya dengan shalat dan kesabaran. Pada kesempatan ini pun maka patutlah kiranya kita menyampaikan shalawat dan salam untuk nabi Muhammad SAW.

Bagai sebutir pasir di pantai, peran Bustanul 'Ulum terhampar pada luasnya peran serta fungsi pemerintah dan organ-organ peduli pendidikan lainnya. Sejak krisis moneter 1998, Bustanul 'Ulum berusaha membangun gerakan moral pendidikan dengan meyelenggarakan pendidikan bebas beban biaya melalui manajemen nurani pendidikan. Hal ini dimaksudkan secara sinergi untuk memperoleh pola pendidikan bangsa yang sesuai dengan fitrah kemanusiaan yang mampu hidup secara normal, duduk sama rendah berdiri sama tinggi dan mempunyai kemampuan individual maupun kolektif berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan akhirat.
Kekerdilan lahan yang dimiliki dibandingkan dengan rencana kegiatan telah memberikan inspirasi untuk membentuk suatu kawasan inkubator pendidikan bebas beban biaya. Secara singkat dan mudah maka kawasan tersebut dinamakan 'BUKIT' yang merupakan kependekan dari "Bustanul 'Ulum Kawasan Inkubator Terpadu".
Setiap tempat mempunyai keistimewaan tersendiri, BUKIT berada di daerah dataran tinggi Bandung Utara, dengan tipikal pedesaan dan pertaniaan sempit. Yang menarik kondisi seperti ini berada hanya sekitar 10 km dari Gedung Sate dan pusat Kota Bandung.
Akhirnya dengan kesahajaan pengelolaan dan fasilitas, BUKIT membuka diri menjadi mitra umat untuk bersama-sama membangun proyek dunia-akhirat manajemen pendidikan yang diistilahkan dengan "manajemen nurani pendidikan". Keterbukaan pintu dan jendela BUKIT untuk menerima saran, nasehat, kritik membangun bahkan bantuan moral maupun material secara berkelanjutan mengingat proses aktualisasi pendidikan tidak berlimit hingga akhir zaman.
Wassalamu'alailum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar